Si Pemilik Alis Menyatu yang Menginspirasi



Hayhalo Readers!


Saya mau kenalin girl crush saya, kenalin namanya Frida Kahlo. Frida Kahlo pelukis berdarah Meksiko yang terkenal dengan self-potraitnya alias kebanyakan lukisannya itu tentang dirinya gitu deeh. Selain itu juga seninya dianggap surrealism. Asli saya ga ahli dalam urusan seni dan hanya seorang enthusiast aja ya, jadi kalo ada yang salah-salah tentang aliran seni ataupun karyanya mohon dimaafkan ya, masih belajar :)

Jadi awalnya saya kenal Mba Kahlo ini dari rekomendasi video di YouTube dari Vox yang membahas biografi beliau ini. Jujur saya pertama tersentuh sama kisah hidupnya ini. Mba Kahlo ini menurut saya keren banget karena masih bisa berkarya walaupun mengalami cacat fisik atau disabilitas setelah terkena polio dan kecelakaan bis sampai harus dioperasi 30 kali. Saya suka banget semangatnya yang ga berlarut-larut dalam kekurangannya dan berusaha tetap menjalankan passionnya yaitu melukis

Setelah kepoin hasil karyanya Mba Kahlo ini saya juga cukup dibuat merinding karena setelah searching di Google Arts and Cultures, lukisan beliau ini menyentuh banget. Terlihat semua kesedihannya, rasa kecewa sampai perasaannya dalam berke-Tuhanan dituangkan dalam setiap goretan di atas kanvasnya itu. Contohnya lukisan ini nih yang menggambarkan kesedihannya saat mengalami keguguran anaknya plus rasa sakitnya yang ga kunjung hilang pasca kecelakaan :(



Selain itu kisah cintanya sama Rivera itu entah sepertinya juga jadi sumbangsih Mba Kahlo ini saya kagumi. Kedua sejoli ini keliatan nyentrik karena perbedaan ukuran badan yang drastis tapi gemes aja gitu kalo saya liatnya hehe. Iya walau pada kenyataannya memang beliau menikah dengan Rivera yang juga pelukis ini dua kali karena indikasi "affair" oleh kedua belah pihak tapi Mba Kahlo tidak bisa membohongi bahwa hatinya memang tertuju pada Rivera. Ada nih satu lukisan yang deep banget meaningnya tentang dua Kahlo yang disakiti Rivera (Kiri) dan yang dihormati (Kanan) (Lebih lanjut membahas maknya bisa telusuri kesini ya https://medium.com/@Xicanxfilmclub/follow-me-during-my-art-history-final-prep-for-mexican-muralism-and-frida-kahlo-a9f793f963bf



Iya gaya berpakaian Mba Kahlo memang berubah menjadi Tehuana yaitu pakaian tradisional setelah menikah, ditambah  balutan kumpulan bunga atau bandana sebagai hiasan di kepalanya. Style inilah yang ikonik banget dan buat saya makin ngidolain Mba Kahlo. Saya suka banget liat perpaduan warna dan gaya Tehuana dan perhiasan di sekitarnya. Ya, dan sense of fashionnya ini masih jadi kiblat beberapa fashion designer niiiih karena nyentrik banget!

Gaya Berpakai Frida Kahlo




Terinspirasi dari gaya Frida Kahlo


Frida Kahlo pun dianggap jadi representatif feminis di dunia loh! Salut banget deh sama Mba Kahlo. Last but not least ada qoutes dari beliau yang oke.. Bener-bener anti menyerah dan optimistik bangeet!




Gimana? Jatuh cinta atau makin jatuh cinta nih sama sosoknya Kahlo? Bisa berbagi pandangan kalian di kolom komentar ya :)


Comments

  1. Jadi tertarik nih untuk ngepoin mbak frida kahlo ini. Saya juga tidak terlalu paham teori seni, tapi suka aja menikmati karya seni. Apalagi jika ada cerita di balik karyany

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts