Kepoin Pribadi Orang dari Sosial Medianya

Akun Sosial Media adalah Cerminan Pemiliknya




Setuju ga sih Readers dengan statement ini? Gimana engga di sosial media semuanya bisa user akun tersebut tumpahkan mulai dari pengalaman hidupnya, kritik-kritik pedas mereka, bahkan selera humor bisa tergambar dengan rapih

Sosial media, dibalik pro-kontranya, dapat menjadi wadah bagi kalian untuk "ngepoin" siapapun termasuk gebetan kali ya haha untuk tahu lebih tahu, dia tuh orangnya kayak gimana. 

Di sini ada beberapa cara yang bisa kalian tempuh untuk menggunakan sosmed sebagai tools dalam mengenali pribadi orang lain

(Tips ini bukan scientific-based ya Readers lebih ke based on my experiences)

1. Perhatikan banyak dan intensitas postingannya

Jika user yang kalian kepoin ini cukup sering memposting di sosial media itu artinya dia cukup percaya diri dalam kesehariannya. Lihat deh dengan banyak foto yang diposting dan dia merasa oke dengan itu kan? Ada loh beberapa orang yang jarang banget posting atau udah posting terus dihapus lagi karena merasa insecure sendiri dengan apa yang dia post entah takut dianggep pamer, norak, atau malu. 


2. Amati caranya menumpahkan opininya dalam sosial media

Baik facebook, twitter, instagram dan beberapa sosmed lainnya menawarkan fitur teks di dalamnya. Diksi yang digunakan di dalamnya dapat dijadikan acuan bagian kalian untuk menilai user tersebut loh! Paling mudah lihat interaksinya pada kolom komentar akun orang lain, jika sudah ada indikasi "hate comment" maka ya silahkan dinilai sendiri :)



3. Perhatikan juga angle foto user tersebut

Perhatikanlah angle atau dari sudut mana foto tersebut diambil. Orang dengan angle foto yang kebayakan full face atau selfie bisa dikategorikan sangat percaya diri dengan fitur wajahnya atau opsi kedua adalah tidak terlalu percaya diri dengan tubuhnya secara keseluruhan. Jika foto yang ada kebanyakan adalah foto candid (yang bukan candid ala-ala yang Readers) umumnya adalah orang yang menyukai keindahan entah untuk mengabadikan momen kegiatan volunteernya atau pemandangan. Jika fotonya kebanyakan dipenuhi foto pemandangan atau photography sekali berarti orang yang kamu kepoin ini artsy banget. 

4. Jika kamu ngepoin di Instagram lihat bentuk feed dan keteraturan efek yang digunakan

Sebenarnya ada dua jenis pengguna instagram. Ada yang bodoamatan dengan penampilan feednya ada pula yang sangat amat memperhatikan bentukan feednya mulai dari konsistensi efek foto sampai keseragaman frame/border foto yang harus melalui proses editing terlebih dahulu sebelum siap dipost. Jika kamu sudah lihat orang yang kamu kepoin tersebut sangat rapih feednya, pada umumnya dia adalah orang yang sangat mementingkan citra diri dan tergolong suka seni :)


Mengenali seseorang melalui sosial media memang memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Kelebihannya jika user ini adalah orang yang terbuka di sosial media (biasanya yang aktif memposting sesuatu) akan denga mudah tergambar sifat aslinya karena user sosial media macam ini umumnya menggunakan wadah sosmed menjadi pelarian dari dunia nyatanya.

Kekurangannya ialah jika orang yang kalian kepoin ini emang ga terlalu aktif di sosmed, nah ini kasusnya agak susah juga untuk jadi bahan analisis. Mungkin jalan terbaiknya bagi Readers adalah kenalan face to face. Be Bold!

Comments

Popular Posts